Cara merawat bulu anakan kucing persia - CARA BINATANG

Cara Merawat Binatang dan Berita Seputar Binatang

Cara merawat bulu anakan kucing persia


Cara Merawat Anak KucingPersia Yang Baru Lahir  – Kucing yang baru lahir sebaiknya diberikan perawatan dari tangan manusia atau pemilik, karena tidak semua induk kucing bisa merawat  bayinya secara maksimal. Dan tidak semua proses kelahiran pada kucing berjalan maksimal. Maka perlu sentuhan tangan manusia agar siinduk dan anak kucing bisa selamat dan sehat.
Berikut beberapa hal yang bisa anda lakukan untuk merawat anak kucing persia yang baru lahir :
  •  Setelah induk baru selesai melahirkan, secara alami induk kucing akan menjilat-jilat anaknya untuk membersihakannya. Namun jika siinduk tidak bisa melakukannya, sebaiknya anda bantu membersihkannya dengan menggunakan tissue atau kain yang lembut.
  • Berikan cairan seperti betadin pada tali pusar, untuk mencegah terjadinya infeksi. Jaga kebersihan tali pusar, jangan sampai dihinggapi oleh lalat, yang berujung infeksi larva lalat atau myasis.
  •  Berikan media untuk menghangatkan tubuh anak kucing, seperti menggunakan handuk bersih sebagai alas tidur anak kucing dan bisa juga dengan menambahkan lampu pijar untuk mempertahankan kehangatan.
  •  Memang perawatan secara alami dari induk kucing lebih baik, namun kadang-kadang tidak semua induk kucing mempunyai naluri keibuan yang baik. Jika itu terjadi maka anda dapat memberikan pengahangat buatan dan susu khusus kucing. Untuk yang baru lahir, bantu anak kucing menyusui dengan menggunakan dot. Untuk susu yang digunakan silahkan beli susu khusus bayi bayi kucing yang bisa anda cari di petshop. Mengapa susu khusus bayi kucing yang digunakan? Karena susu khusus bayi biasanya mengandung kolostrum, dimana kolostrum berfungsi untuk mengeluarkan kotoran kucing yang pertama (myconium).
  • Brikan kandang yang aman dan nyaman buat anak kucing. Anak kucing belum punya kemampuan untuk menghindar dari pemangsa, jadi tempatkanlah anak kucing pada tempat yang aman dari pemangsa.
  •  Setelah anak kucing berumur 3 minggu, mulailah memberikan makanan khusus kucing. Belilah makanan sesuai umur kucing dan jangan menggunakan makanan anjing. Karena pada makanan anjing tidak mengandung unsur taurin dimana unsur tersebut sangat dibutuhkan kucing.
  •  Selalulah perhatikan kebersiahan anak kucing persia anda, terutama pada bagian anus dan tali pusar.
  •  Berikan perhatian dengan kasih sayang pada anak kucing, sering-seringlah memberikan sentuhan lembut pada anak kucing dan juga bisa memberikan sedikit latihan dengan memberikan benda serupa bandul. Dimana, bola atau bandul tersebut akan dipermainkan kucing, sehingga kucing dirangsang untuk bergerak sehingga dapat melatih kontraksi otot dan persyarafan sikucing.
Demikianlah artikel mengenai CaraMerawat Anak Kucing Persia Yang Baru Lahir, mudah-mudahan bermanfaat bagi pembaca, silahkan baca juga artikel menarik lainnya yang ada diblog ini, terimakasih.

Tag : kucing
0 Komentar untuk "Cara merawat bulu anakan kucing persia "

Back To Top